Thursday, November 4, 2010

Ayo, Sarapan Sehat!!

Kunyahan pertama yang penuh gizi di pagi hari, menentukan kebugaran tubuh sepanjang hari.

Oleh: Petti Lubis, Mutia Nugraheni

Makan Roti Gandum (corbis.com)
VIVAnews - Sarapan adalah modal bagi Anda dan keluarga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk itu, makanan yang dikonsumsi saat sarapan haruslah berkualitas. Karbohidrat, protein dan serat sebaiknya selalu ada dalam sarapan
Makanan mengandung karbohidrat, seperti nasi, kentang, dan roti, dapat membuat tubuh lebih bertenaga. Jika sarapan mengandung karbohidrat, maka hingga menjelang makan siang tubuh tidak lemas dan tetap bertenaga.

Selain itu, yang harus ada dalam sarapan Anda adalah protein, karena akan membuat perut merasa kenyang lebih lama, serta bisa meningkatkan konsentrasi. Protein yang bisa Anda konsumsi di pagi hari, antara lain telur rebus, tahu, tempe, ikan dan ayam.

Usahakan juga mengonsumsi serat saat sarapan untuk melancarkan pencernaan. Anda bisa minum jus atau makan buah-buahan segar sebelum memulai atau di sela-sela aktivitas.

Kandungan vitamin dalam buah bisa meningkatkan vitalitas tubuh. Anda pun tidak mudah mudah terkena penyakit dan kulit selalu segar.

Agar sarapan tidak membosankan, coba kombinasikan menunya. Anda bisa memulai dengan mengelompokkan masakan berdasarkan jenis makanan pokok bisa dilakukan agar menu sarapan lebih variatif. Misalnya roti, nasi, mi dan umbi-umbian.

Susunlah secara berurutan dan berulang menurut hari. Dimulai dari hari Senin, Selasa, Rabu dan seterusnya. Contohnya, hari Senin sarapan roti isi telur dan sayuran, lalu hari Selasa nasi goreng ati dengan sayur sawi.

Mengombinasikan menu sarapan juga bisa membuat anak-anak bersemangat saat sarapan. Dengan pertimbangan keseimbangan protein, karbohidrat dan serat, sarapan pun menjadi lebih berkualitas.

Waktu sarapan yang tepat adalah antara pukul 6-8 pagi. Jika Anda terburu-buru, sehingga tak mungkin sarapan, setidaknya minumlah segelas susu. Sebab, susu mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral sekaligus.
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment