Monday, November 15, 2010

Puasa Sunah Arafah

Assalamualaikum wr.wb..

Sahabat Muslim pembaca blog ini yang dirahmati Allah SWT.. Saya mau membahas tentang Idul qurban ni atau disebut Idul Adha...Sebentar lagi kita akan memasuki tanggal 10 Dzulhijah yang berarti sudah mau idul adha ni... ngomong-ngomong soal idul adha, saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah haji di Mekkah sana secara khusyuk sedang menyelesaikan serangkaian ibadah haji yang sangat sakral dan khidmat serta juga penuh keajaiban...

Nah sedangkan kita sebagai umat muslim yang sedang tidak menjalankan ibadah haji, membantu mendoakan saudara-saudara kita di sana dengan cara ini, yaitu hari ini (15 November 2010) tanggal 8 Dzulhijah adalah hari arafah, Marilah kita melaksanakan Puasa Sunah Arafah. Sebagaimana kita ketahui, ada beberapa kebaikan yang akan kita dapatkan lebih ketika melaksanakan puasa arafah ini adalah :

Rasulullah s.a.w. bersabda; “Berpuasa pada hari Arafah menghapuskan dosanya setahun sebelum dan setahun sesudahnya”. (Riwayat Imam Muslim)

Dari Abi Qatadah ra Baginda Rasulullah s.a.w. bersabda: Berpuasa pada hari Arafah, sesungguhnya aku mengharapkan dari Allah agar dihapuskan dosa selama satu tahun sebelumnya dan satu tahun sesudahnya.

Dari Abi Qatadah r.a., ia berkata Rasulullah Saw. telah bersabda: “Puasa hari Arafah itu dapat menghapuskan dosa dua tahun, satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang.” (Riwayat Jama’ah kecuali Bukhari dan Tarmidzi)

Jumhur 'ulama berpendapat bahwa dosa yang dihapus bukan keseluruhan dosa yang kita perbuat, namun di spesifikan kepada dosa-dosa yang kecil saja (seperti berbohong, berdusta, berkata kotor, lupa sholat, dll). Sedangkan untuk dosa-dosa besar tidak dihapus. Pendapat lain mengatakan, kalau ada seorang muslim yang sudah melakukan dosa besar, maka dosa-dosa kecil yang disebutkan tidak akan dihapus sebelum yang bersangkutan melakukan taubatan nasuha (taubat yang sebenar-benar taubat).

Wallahu a'lam bi showab....
Insya Allah yang melaksanakan ibadah puasa sunah Arafah hari ini dengan ikhlas lillahita'ala akan mendapatkan pahala yang sesuai dari Allah SWT...Aamiiinnnn....

No comments:

Post a Comment