Saturday, April 23, 2011

Kekanakan vs Kedewasaan

Kamu kenapa sih kekanak-kanakan banget??? kapan kamu bisa dewasanya klo kayak gini terus????
Sindiran (secara tidak langsung) yang slalu diingatkan seorang teman, kawan, sahabat bahkan lawan ketika kita bersikap kayak anak kecil (red.-kekanakan).

Sebenarnya apa sih arti kedewasaan itu?? Banyak makna sebenarnya dari kata tersebut karena masing-masing orang memaknainya dengan berbeda. Tapi bagi saya, sifat kekanakan dan kedewasaan itu saling terkait, tidak akan terpisah. Kenapa saya berkata seperti ini?? Karena menurut saya sifat kekanakan itu sangat diperlukan karena dapat mengajarkan seseorang untuk menjadi lebih dewasa. Tanpa hal ini bagaimana bisa saya belajar dari kesalahan saya ketika kekanakan dan mengajarkan saya agar lebih dewasa dalam menjalani hidup bukan kayak anak kecil. 

Kekanakan dan kedewasaan itu seperti kegagalan dan keberhasilan. Kegagalan mengajarkan kita untuk terus semangat mencapai keberhasilan, Tidak mungkin ada orang yang selalu berhasil tanpa pernah gagal. Seseorang akan belajar dari kegagalan yang dialami untuk menuju keberhasilan itu tanpa mengulangi kesalahan yang sama. Dan Orang yang telah mencapai Keberhasilan tidak akan pernah melupakan kegagalan yang pernah ia alami, karena kegagalan itu telah mengantarkannya mencapai puncak keberhasilan itu. 

Lalu, Bagaimana jika orang itu lupa atau tidak ingin mengingat akan kegagalan itu ketika ia berhasil?? Atau bagaimana jika orang itu merasa dirinya selalu berhasil tanpa pernah gagal??
Jawabannya Itu Berarti ANDA TELAH SOMBONG dan bersiap-siaplah untuk mengalami masa-masa yang sulit atas KESOMBONGAN itu.. :))
Begitu pula dengan kekanakan, jangan pernah bilang anda tidak perlu sifat itu untuk menjadi dewasa. Karena sifat itu kita dapat belajar menjadi dewasa dan mengerti apa perbedaan yang boleh dilakukan oleh anak-anak dan dewasa. Kedewasaan itu kita dapatkan ketika kita belajar dari kekanakan.

Ingat ya,, Manusia itu awalnya adalah berada di fase kanak-kanak setelah itu fase kedewasaan dan nanti dia akan kembali ke fase kanak-kanak lagi. Jadi jangan bilang bahwa "kamu kekanakan banget sih, kapan dewasanya??" Justru Saat itu kamu sedang belajar arti kedewasaan itu sendiri. Boleh kita berkata seperti itu, tapi hanya untuk mengingatkan kita ketika sudah terlalu berlebihan dalam sifat kekanakan itu.

So.. silakan Kalian pikirkan sendiri.. INGAT!! Masing-masing orang memaknai kedewasaan dan kekanakan itu berbeda-beda. Ini hanya menurut pandangan Saya saja, Jika ada yang tidak suka, silakan saja..saya tidak akan terlalu memusingkannya..

Terima Kasih sudah membaca post ini.. Semoga bermanfaat..