Saturday, May 14, 2011

Agar-Agar Kertas

Agar-Agar Kertas
Agar adalah campuran kompleks sejumlah polisakarida yang diekstrak dari alga merah pada suasana asam setelah diberi perlakuan basa serta diproduksi dan dipasarkan dalam berbagai bentuk, yaitu: agar-agar tepung, agar-agar kertas, dan agar-agar batangan serta diolah menjadi berbagai bentuk panganan (kue), seperti pudding dan jeli atau dijadikan tambahan dalam industri farmasi (Angka et al. 2000).
Standar mutu agar-agar yang diperdagangkan harus memenuhi standar industri Indonesia menurut Indriani & Sumiarsih (1999) yaitu:
Spesifikasi
Standar mutu
Kadar air
15-21%
Kadar abu
Maksimal 4%
Kadar karbohidrat sebagai galakton
Minimal 30%
Logam berbahaya, arsen
Negatif
Zat warna tambahan
Yang diinginkan untuk makanan dan

Sifat Fisika dan Kimia Agar
Agar-agar merupakan senyawa ester asam sulfat dari senyawa galaktan, tidak larut dalam air dingin, tetapi larut dalam air panas dengan membentuk gel. Rumus molekul agar-agar adalah (C12H14O5(OH)4)n. Beberapa sifat dari agar-agar adalah pada suhu 25°C dengan kemurnian tinggi tidak larut dalam air dingin tetapi larut dalam air panas dan pada suhu 32–39°C berbentuk padat dan mencair pada suhu 60–97°C pada konsetrasi 1,5%. Agar-agar akan sangat stabil dalam keadaan kering, sedangkan pada suhu tinggi dan pH rendah agar-agar akan mengalami degradasi. Viskositas agar-agar pada suhu 45°C, pH 4,5–9 dengan konsentrasi larutan 1% adalah sebesar 2–10 cp. Senior (2004) menambahkan sifat yang paling menonjol dari agar- agar adlah daya gelasi (kemampuan membentuk gel), viskositas (kekentalan), setting point (suhu mencairnya gel) yang sangat menguntungkan untuk dipakai dalam dunia industri pangan maupun nonpangan.

No comments:

Post a Comment