Sunday, May 29, 2011

Eucheuma cottonii

Deskripsi dan Klasifikasi Eucheuma cottonii
            Salah satu jenis rumput laut Indonesia yang bernilai ekonomis dan sejak dulu diperdagangkan yaitu Eucheuma cottonii. Klasifikasi rumput laut jenis ini menurut (Anggadiredja et al. 2006) adalah sebagai berikut:
Kingdom            : Plantae
Divisi                : Rhodophyta
Kelas                : Rhodophyceae
Ordo                 : Gigartinales
Famili                : Solierisceae
Genus               : Eucheuma
Spesies             : Eucheuma cottonii (Kappaphycus alvarezii)
Ciri fisik Eucheuma cottonii adalah mempunyai thallus silindris, permukaan licin, cartilogeneus. Keadaan warna tidak selalu tetap, kadang-kadang berwarna hijau, hijau kuning, abu-abu atau merah. Perubahan warna sering terjadi hanya karena faktor lingkungan. Kejadian ini merupakan suatu proses adaptasi kromatik yaitu penyesuaian antara proporsi pigmen dengan berbagai kualitas pencahayaan (Aslan 1998). Penampakan thalli bervariasi mulai dari bentuk sederhana sampai kompleks. Duri-duri pada thallus runcing memanjang, agak jarang-jarang dan tidak bersusun melingkari thallus. Percabangan ke berbagai arah dengan batang-batang utama keluar saling berdekatan ke daerah basal (pangkal). Tumbuh melekat ke substrat dengan alat perekat berupa cakram. Cabang-cabang pertama dan kedua tumbuh dengan membentuk rumpun yang rimbun dengan ciri khusus mengarah ke arah datangnya sinar matahari (Atmadja et al. 1996). Umumnya Eucheuma cottonii tumbuh dengan baik di daerah pantai terumbu (reef). Habitat khasnya adalah daerah yang memperoleh aliran air laut yang tetap, variasi suhu harian yang kecil dan substrat batu karang mati (Aslan 1998).


  Potensi Pemanfaatan Eucheuma cottonii

        Pemanfaatan Eucheuma cottonii adalah sebagai salah satu jenis rumput laut penghasil karagenan (carragenophytes). Eucheuma cottonii jenis rumput laut penghasil kappa karaginan. Karaginan merupakan senyawa hidrokoloid yang terdiri atas ester kalium, natrium, magnesium dan kalium sulfat dengan galaktosa 3,6 anhidrogalaktosa kopolimer. Karaginan adalah suatu bentuk polisakarida linear dengan berat molekul di atas 100 kDa (Winarno 1996). Karagenan berfungsi sebagai penstabil, pensuspensi, pengikat, protective (melindungi kolid), film former (mengikat suatu bahan), syneresis inhibitor (mencengah terjadinya pelepasan air) dan flocculating agent (mengikat bahan-bahan) (Anggadiredja et al. 2006). Selain itu karaginan juga berperan sebagai stabilizer (penstabil), thickener (bahan pengentalan), pembentuk gel, pengemulsi dan lain-lain. Sifat ini banyak dimanfaatkan dalam industri makanan, obat-obatan, kosmetik, tekstil, cat, pasta gigi dan industri lainnya (Winarno 1996).

No comments:

Post a Comment