Sunday, May 29, 2011

Eucheuma spinosum

Deskripsi dan Klasifikasi Eucheuma spinosum
 Eucheuma spinosum merupakan salah satu jenis rumput laut dari kelas Rhodophyceae (ganggang merah). Klasifikasi rumput laut jenis ini menurut (Anggadiredja et al. 2006) adalah sebagai berikut:
Kingdom            : Plantae
Divisi                : Rhodophyta
Kelas                : Rhodophyceae
Ordo                 : Gigartinales
Famili                : Solierisceae
Genus               : Eucheuma
Jenis                 : Eucheuma spinosum
Ciri-ciri rumput laut jenis ini yaitu thallus silindris, percabangan thallus berujung runcing atau tumpul dan ditumbuhi nodulus, berupa duri lunak yang tersusun berputar teratur mengelilingi cabang, lebih banyak dari yang terdapat pada E. cottonii. Jaringan tengah terdiri dari filament tidak berwarna serta dikelilingi oleh sel-sel besar, lapisan korteks, dan lapisan epidermis. Ciri-ciri lainnya mirip E. cottonii (Anggadiredja et al. 2006).


  Potensi Pemanfaatan Eucheuma spinosum

Pemanfaatan Eucheuma spinosum adalah sebagai salah satu jenis rumput laut penghasil karagenan (carragenophytes). Eucheuma spinosum jenis rumput laut penghasil iota karaginan. Karaginan merupakan senyawa hidrokoloid yang terdiri atas ester kalium, natrium, magnesium dan kalium sulfat dengan galaktosa 3,6 anhidrogalaktosa kopolimer. Karaginan adalah suatu bentuk polisakarida linear dengan berat molekul di atas 100 kDa (Winarno 1996). Karagenan berfungsi sebagai penstabil, pensuspensi, pengikat, protective (melindungi kolid), film former (mengikat suatu bahan), syneresis inhibitor (mencengah terjadinya pelepasan air) dan flocculating agent (mengikat bahan-bahan) (Anggadiredja et al. 2006). Selain itu karaginan juga berperan sebagai stabilizer (penstabil), thickener (bahan pengentalan), pembentuk gel, pengemulsi dan lain-lain. Sifat ini banyak dimanfaatkan dalam industri makanan, obat-obatan, kosmetik, tekstil, cat, pasta gigi dan industri lainnya (Winarno 1996).

3 comments:

  1. maksudnya?? bukankah ciri-cirinya sudah dituliskan di bawah klasifikasinya.. coba di cek lagi.. :)

    ReplyDelete
  2. Mungkin saran saya ditambahkan gbarnya biar lebih lengkap

    ReplyDelete