Monday, May 30, 2011

Komposisi Kimia dan Mutu Udang

Komposisi Kimia Udang
            Udang merupakan salah satu produk perikanan yang istimewa mempunyai nilai gizi yang tinggi dan  merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi.

Tabel 1. Komposisi kimia udang
Komposisi Kimia
Jumlah Komposisi
Protein ( % )
12
Lemak ( % )
0.2
Kadar Air ( % )
78
Kadar Abu ( % )
0.4
Kalsium (mg/100 gr udang)
136
Fosfor  (mg/100gr udang)
170
Vitamin B1 (mg/100 gr udang)
0.01
Vitamin A (SI/100 gr udang)
60

       Mutu Udang
            Mutu udang terutama ditentukan oleh keadaan fisik dan organoleptik dari udang. Keseragaman jenis dan ukuran sangat dinilai tinggi. Sesuai bentuk atau tipe produk maka produk udang tidak boleh ada cacat, rusak atau defek yang akan mengurangi nilai. Jumlah ruas, misalnya, tidak boleh kurang dari ketentuan. Di samping itu produk udang tidak boleh mengandung kotoran atau benda asing (pasir atau yang lainnya), tidak boleh mengandung parasit, bakteri cemaran dan penyakit yang membahayakan kesehatan (Ilyas 1993).
            Sesudah keseragaman jenis dan ukuran udang, yang mendapatkan penilaian yang tinggi pada produk udang adalah faktor mutu rupa, warna dan bau. Warna udang harus asli  sesuai warna jenis udang yang bersangkutan. Untuk mempertahankan mutu udang, udang dapat disimpan pada suhu rendah yaitu sekitar 0°C. Apabila udang dibekukan atau disimpan beku sampai di bawah -18ºC keunggulan mutunya dapat bertahan beberapa bulan (Ilyas 1993)

No comments:

Post a Comment