Friday, April 15, 2011

Sargassum sp.

Rumput laut Sargassum merupakan salah satu rumput laut yang termasuk dalam kelas Phaeophyceae. Sargassum biasanya tumbuh melekat pada benda yang keras atau batu-batu karang yang telah mati dan hancur, bahkan sering dijumpai terapung terbawa air. Ganggang ini lain dari ganggang pada umumnya, karena mempunyai bentuk yang mirip sekali dengan bentuk tumbuh-tumbuhan darat, dengan akar, batang dan daunnya. Sargassum dilengkapi dengan gelembung-gelembung udara, yakni alat untuk mengapung (Soerjodinoto 1962 diacu dalam Nurdayat 2005).
Menurut Tjondronegoro et al. (1989) diacu dalam Nurdayat (2005), tiga sifat Sargassum adalah yang pertama, Sargassum memiliki pigmen coklat yaitu fukosantin yang menutupi warna hijau dari pigmen klorofil a dan c, yang kedua yaitu hasil fotosintesis terhimpun dalam bentuk laminarin, dan yang ketiga Sargassum memiliki flagel. Klasifikasi Sargassum menurut Kumar dan Singh (1979) diacu dalam Nurdayat (2005) adalah sebagai berikut :
Phylum
:
Phaeophyta
Kelas
:
Phaeophyceae
Ordo
:
Fucales
Famili
:
Sargassaceae
Genus
:
Sargassum
Spesies
:
Sargassum sp.
Jenis-jenis Sargassum sp. yang dikenal di Indonesia ada sekitar 12 spesies, yaitu Sargassum duplicatum, S. histrix, S. echinocarpum, S. gracilimun, S. obtusifolium, S. binderi, S. policystum, S. crassifolium, S. microphylum, S. aquofilum, S. vulgare, dan S. polyceratium (Kadi dan Atmadja 1988). Bentuk morfologi rumput laut Sargassum  dapat dilihat pada Gambar 1.
Gambar 1. Rumput laut Sargassum sp.
(Sumber : Anonim 2009)

Hasil fotosintesis yang bernilai ekonomis tinggi dan dapat diekstrak dari Sargassum sp. adalah alginat yaitu garam dari asam alginat yang mengandung ion sodium (natrium), kalium dan kalsium (Kadi dan Atmadja 1988). Asam alginat ini merupakan senyawa organik kompleks yang termasuk golongan polisakarida (Chapman dan Chapman 1980 diacu dalam Nurdayat 2005). Komposisi kimia Sargassum sp. berdasarkan hasil penelitian Luhur (2006) dapat dilihat pada Tabel 1.
Tabel 1. Komposisi Kimia Sargassum sp.
Komposisi kimia
Persentase (%)
Karbohidrat
19,06
Protein
5,53
Lemak
0,74
Air
11,71
Abu
34,57
Serat kasar
28,39
Sumber : Roswien (1991) diacu dalam Luhur (2006)

2 comments:

  1. nice post..
    bole tau dftr pustakany gag??

    ReplyDelete
  2. thank you.. boleh kok.. tp tdk lewat comment ini ya?? bisa lewat twitter atau ke email 3diyani.nishathp@gmail.com terima kasih atas pengertiaannya.. :)

    ReplyDelete