Tuesday, January 3, 2012

Resolusi atau Target??


Masih dalam suasana Tahun baru 2012, I just wanna say to Treaders..
Happy New Years Eve Friends…
Resolusi tahun baru adalah sebuah ritual bagi kebanyakan orang di dunia yang selalu dilakukan setiap malam tahun baru tiba. Resolusi tahun baru bagi kebanyakan orang merupakan daftar hal-hal yang ingin kamu capai tahun depan dan biasanya tertulis.
Harus ya menulis resolusi itu??
Itulah yang jadi pertanyaan ke beberapa orang yang ku tanya ketika mereka menyampaikan resolusinya dan jawabannya adalah, “Ini bagus lohh, jadi kita punya guideline soal apa yang harus kita lakukan tahun ini.”
Sebenarnya arti resolusi itu apa sih??
Aku sih masih bertanya-tanya, walau jelas-jelas di dalam kamus besar Bahasa Indonesia arti kata resolusi ada di dalamnya. Tapi kalau menurut ku itu arti resolusi adalah Re artinya berulang, solusi artinya penyelesaian. Berarti, resolusi adalah penyelesaian yang berulang-ulang. Dengan kata lain, masalah yang tidak pernah selesai! Ituuuuu muluuuuu........
Tapi kalau dilihat-lihat, iya juga sih arti resolusi ya itu, penyelesaian yang berulang-ulang. Gimana tidak? Aku belajar dari sebuah kehidupan nyata ketika malam tahun baru itu dan semua orang membuat resolusi, kebanyakan dari mereka menyampaikan resolusi yang sama seperti tahun sebelumnya. See!! What that’s I mean about meaning of resolution.
Coba deh kalian pikir. Kalian menuliskannya sebagai sebuah harapan, keinginan untuk sebuah pencapaian. Jadi, kalau kita berbicara keinginan dalam konteks resolusi, sepertinya kurang tepat. Kalau menurut arti yang disampaikan sebelumnya, secara tidak langsung artinya adalah Keinginan yang kalian tuliskan tidak pernah tercapai dong.
So, I think the right is TARGET!! Kenapa target? Walau kesan yang akan ditimbulkan ketika menggunakan kata target itu jadi terasa maksa dan berat serta jadi sebuah keharusan untuk benar-benar berusaha, tapi itulah tujuannya. Tujuan target ditulis adalah sebagai sebuah harapan, keinginan untuk sebuah pencapaian yang harus terwujud.
Tapi biasanya bagi kebanyakan orang adalah mereka membuat daftar resolusi/target pada malam pergantian tahun dan esok harinya akan terlupakan dan mereka akan menjaankan hidupnya seperti biasa tanpa target apa-apa.
Tahun Baru akhirnya memang selalu identik dengan resolusi atau target. Kata ‘resolusi’ dan ‘target’ ini memang akan selalu menjadi hal yang dibicarakan oleh orang-orang alias menjadi trending topic saat menjelang akhir tahun maupun awal-awal tahun baru.
Sebenarnya sih, tidak salah jika kalian memiliki resolusi atau target itu. Tapi kenapa ku seakan-akan menganggap enteng sebuah resolusi ya namun menganggap berat sebuah target itu?? Alasannya sudah jelas sesuai pemaparan tentang perbedaan arti kedua kata tersebut. So, I choose TARGET!!
Jika kalian pilih RESOLUSI. Apa yang akan kalian pikirkan kemudian? Kalau resolusi kalian tahun ini sama dengan resolusi tahun lalu, terus apa saja yang sudah kalian lakukan selama setahun ini. Lewat beberapa hal yang ku temukan di malam pergantian tahun tersebut, ku merenungkan cukup lama, Karena terkadang aku seperti kalian ketika masih memilih kata RESOLUSI itu di hidupku setiap malam pergantian tahun. Memang seringkali kita, termasuk saya, selalu bersemangat untuk membuat resolusi-resolusi pada saat akhir tahun menjelang tahun baru atau hari-hari minggu pertama di tahun yang baru. Mungkin bisa sederet resolusi yang bisa kita tulis di atas kertas.
Ya, seperti yang ku bilang tadi. kebiasaan sebagian dari kita adalah setelah waktu berjalan. Januari berjalan ke Februari, Maret, April dan seterusnya, kita lupa akan resolusi yang sudah kita tulis. Kita terlalu malas untuk berusaha mewujudkan resolusi yang sudah kita susun sedemikian indah pada saat menjelang tahun baru, sehingga tanpa kita sadari (dan mungkin ada beberapa yang sadar ) waktu satu tahun akan segera berakhir. Dan tindakan klise itu pun akan kita lakukan, MENYUSUN RESOLUSI lagi untuk tahun baru berikutnya.
Percuma punya resolusi tahun baru kalau kita memang tak ada niat dan tindakan untuk mewujudkannya. So, I Choose TARGET again. Ingat, kita butuh aksi untuk mewujudkan apa yang kita tulis dan jika resolusi kalian ingin lebih cepat terwujud, tentukanlah batas waktu TARGET untuk mewujudkan resolusi itu.
Ingat ya Treaders... Twriters tidak pernah ingin menggurui kalian tentang pilihan TARGET atau RESOLUSI. No offense from me. Tulisan ini hanya ingin sedikit menyadarkan diri sendiri agar tak hanya berani menuliskan semua resolusi atau target yang indah namun harus ada aksi tindakan nyata untuk mewujudkannya agar tiap tahun tidak pernah terulang untuk menuliskan hal yang sama.
Last night in 2011, Lets Moved Out from Your Comfort Zone and start a new life in 2012..

No comments:

Post a Comment