Monday, January 31, 2011

Part 2: Kesuksesan

Sebuah catatan kecil akan pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam benakku....
“Apakah kesuksesan itu sudah kamu raih, Anisa???” Itulah pertanyaanku pada diri menjelang milad ke 22 tahun--saat berkurangnya lagi kontrak usiamu di dunia, Nisa. Sebuah pertanyaan yang hingga saat ini pun masih sering ku tanyakan... Lalu,, “Kau sukses!” Suara-suara itu berkata. “Selamat kamu berhasil!”sebuah jabat tangan dari yang lain. Kemudian aku berpikir kembali... Benarkah, Nisa? Apakah sukses itu telah benar-benar mendekapmu? Atau hanya terlintas tanpa pernah sebenarnya tergenggam?
“Apakah sukses itu?” Aku bertanya kembali dan berpikir tuk mencari jawaban yang terbaik.. namun jawabanku hanya, “Ketika aku menjadi itulah sukses...”
Pikiranku semakin terus bertanya, “Menjadi apa, Anis?”... “Apakah menjadi orang yang mampu meraih cita dan cinta?? Menjadi orang yang dekat padaNya dan tiba pada prestasi…” “Ah, Apakah kau yakin itu yang kau bilang sukses? Kau yakin kau telah benar-benar sukses? Ya, kau memang sudah meraih banyak impianmu ketika kecil. Tapi…sungguhkah kau telah sukses? Sudah kau tanya hatimu?” Pikiranku pun berkecamuk kembali....
Mungkin hatiku akan berkata lirih: jauh…masih begitu jauh ...dan setiap kau tiba pada milad di tahun yang baru, kau akan tersentak saat menyadari bahwa kau harus selalu mulai meniti jalan itu lagi… jalan yang sama tuk kau lalui dengan baik... jalan yang membawamu menuju kesuksesan dengan penuh rintangan yang menghalangi langkahmu dan membuatmu gagal... Jalan yang akhirnya juga akan menemukan tujuan pasti dengan jejak-jejak kebanggaan yang akan kau tinggalkan... Hanya tuk meraih kesuksesan itu...
Sukses itu, Nisa… Sukses itu, Anis.... 
Sukses adalah saat kamu dapat melakukan sesuatu yang membawa orang lain, orang-orang di sekitarmu pada jalan keberhasilan dan kebahagiaan. Sukses yang sebenarnya bukanlah ketika dirimu (saja) yang menjadi. Namun, Sukses itu justru saat kau memiliki kontribusi--meski kecil--dalam keberhasilan dan kebahagiaan orang lain dan orang-orang di sekitarmu. Sukses adalah ketika ada setitik cahaya terang tentangmu dalam binar cahaya orang lain dan orang-orang di sekitarmu….
Jadi berjalan terus, Anisa …semoga kamu sukses….
Bergegaslah...sebab sudah 22 tahun....
Mungkin waktu kontrakmu tak banyak lagi...
Tak banyak lagi....
Pikirkan kembali apa yang harus kau lakukan untuk sukses itu.....

No comments:

Post a Comment