Monday, May 30, 2011

Penyimpanan Udang Beku

Penyimpanan Udang Beku
            Penyimpanan beku merupakan suatu usaha penyimpanan produk udang beku dalam suasana suhu beku yang sangat rendah agar dapat mempertahankan semua faktor mutu yang diinginkan pada produk dengan daya awet sepanjang mungkin (Ilyas 1993). Untuk mempertahankan mutunya, udang perlu disimpan pada suhu sekitar -30°C. Fungsi penyimpanan beku ini adalah menyimpan produk udang beku pada tingkat suhu rendah yang diinginkan yang dapat mempertahankan kondisi dan mutu produk udang beku selama jangka waktu yang ditetapkan (Ilyas 1993).
            Menurut Ilyas (1993), agar dapat melaksanakan fungsi penyimpanan beku dengan baik, setiap gudang beku haruslah memenuhi persyaratan yaitu :
Ø  Kondisi operasi, memiliki kondisi operasi yang sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh produk beku yang akan disimpan, terutama mengenai tingkat suhu rendah, keadaan lingkungan udara atau gas, keadaan kelembaban, dan lain-lain.
Ø  Kapasitas refrigerasi. Agar dapat beroperasi dengan baik pada tingkat suhu rendah yang diinginkan, gudang beku harus memiliki kapasitas refrigerasi yang cukup.
Ø  Desain dan konstruksi yang baik, serta pengoperasian yang benar.