Sunday, May 15, 2011

Sinema Wajah Indonesia: Tak Cukup Sedih

Tak Cukup Sedih merupakan FTV Sinema Wajah Indonesia yang ditayangkan pada tanggal 14 Mei 2011 pukul 22.30 di SCTV. Film ini merupakan karya dari seorang Putu Wijaya yang mendedikasikan film ini untuk memperingati hari lahir pahlawan emansipasi wanita yaitu RA Kartini. Putu yang bertindak sebagai penulis skenario sekaligus sutradara mengakui bahwa ada semangat untuk menggugah kembali kecintaan terhadap keagungan kebudayaan daerah yang ada di tanah air selama proses produksi.

Tak Cukup Sedih menggambarkan seorang wanita yang ditinggal mati suaminya karena sakit dan dituduh berselingkuh serta mempermalukan keluarga suaminya. Sinema ini sangat menggambarkan begitu Tegarnya seorang perempuan dalam menghadapi cobaan tersebut. Sinema ini pula menggambarkan bagaiman seharusnya seorang perempuan Indonesia menghadapi persoalan hidup, lingkungan, tradisi dan kedzaliman laki-laki. 

Berikut ini sedikit ulasan sinema Tak Cukup Sedih oleh Liputan 6 SCTV


Sumber: http://tv.liputan6.com/main/read/8/1055255/0/tak_cukup_sedih_tegarnya_seorang_perempuan


Seharusnya Sinema ini Tak Cukup Sedih untuk ditonton tanpa bisa mengeluarkan air mata, namun air mata menetes mengalir mengikuti jalannya cerita yang menggugah hati. Sinema layak dan patut untuk ditonton, meskipun endingnya kurang OK, tapi two thumbs up for all crews of Tak Cukup Sedih. Good Job!!!

Adegan yang saya suka adalah ketika Wita (Happy Salma) berusaha mendiamkan anaknya yang sedang menangis karena ingin minum susu namun susunya habis, di adegan inilah, emosi terbawa mengikuti perasaan seorang ibu tersebut.

Dialog yang saya suka (red. dengan sedikit perubahan kata dari saya, tapi sesuai dengan makna yang seharusnya di FTV)
Dunia ini hanya untuk orang-orang yang kuat.. kuat menghadapi masalah dan cobaan, kuat untuk dihina atau dicaci, kuat untuk dibenci dan disalahkan dan kuat terhadap lainnya... bagian dari dunia ini walau hanya sedikit, tidak akan muat atau tidak akan kebagian tempat bagi orang-orang yang cengeng dan lemah....

_Tak Cukup Sedih --- Sinema Wajah Indonesia_

(Diya) 

No comments:

Post a Comment